Tips Sehat Ibu Hamil Muda

Tips Sehat Ibu Hamil – Apa saja si Tips Sehat Untuk Para Ibu Hamil? Para ibu hamil di dunia pasti memerlukan tips sehat ibu hamil. Hal ini karena dalam tips ibu hamil tersebut akan dijabarkan secara mendetail bagaimanakah ibu harus menjaga kehamilannya agar bayi tetap sehat dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Ibu hamil dituntut untuk lebih berhati-hati dalam beraktifitas karena biasanya janin pada masa-masa awal kehamilan masih sangat rentan dan berisiko besar terjadinya keguguran.

Untuk itulah, sang ibu harus benar-benar ekstra hati-hati jika tidak ingin janin yang dikandungnya mengalami hal buruk. Banyak sekali tips untuk ibu hamil yang saat ini akan lebih membantu mereka agar lebih ekstra hati-hati dalam bertindak, juga memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Tips Sehat Ibu Hamil Muda

5 Posisi Duduk yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Jika anda tengah hamil, anda perlu memikirkan banyak hal agar tetap aman dan sehat selama masa kehamilan. Ada juga lima posisi duduk yang perlu diperhatikan oleh para ibu hamil. Pasalnya, cara duduk dapat membawa dampak besar pada kehamilan. Jika anda tidak duduk pada posisi yang tepat, maka anda akan merasakan punggung anda sakit atau nyeri perut di bagian bawah. Untuk itulah, anda perlu memperhatikan posisi duduk selama fase kehamilan. Di bawah ini ada tips menjaga kehamilan dengan menjaga posisi duduk yang dianjurkan untuk para ibu hamil.

- Idealnya, posisi duduk terbaik adalah punggung lurus dengan bahu yang ditarik ke belakang

Saat anda hamil, berat badan pasti akan meningkat. Itulah yang akan mempengaruhi otot dan ligament. Hal ini nantinya akan menimbulkan rasa nyeri di bagian tubuh sehingga akan merasakan sulit saat duduk. Akan tetapi, jika anda duduk lurus maka anda akan merasa lebih baik dan terhindar juga dari sakit punggung.

- Bersandar pada kursi atau sofa

Ini adalah salah satu posisi duduk yang akan sangat membantu ibu hamil untuk menghindari rasa sakit pada punggung. Anda hanya perlu menyandarkan pantat dan bahu kepada kepala sofa.Seimbangkan berat badan saat dudukSaat hamil, kaki akan lebih rentan terasa nyeri karena berat badan mengalami kenaikan. Untuk itulah, saat anda tengah duduk atau berdiri, maka anda perlu menyeimbangkan berat badan pada kedua kaki.

- Tidak boleh duduk pada posisi sama lebih dari 30 menit

Jangan pernah duduk pada posisi sama lebih dari 30 menit. Sebaiknya, ubah posisi duduk untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menghindari rasa nyeri.

- Wanita hamil yang bekerja diharuskan duduk berjam-jam di meja kantor

Jika anda adalah salah satu dari ini, maka anda disarankan untuk meregangkan kaki setiap jam dan berjalan-jalan kecil di dekat meja.

- Ibu Hamil Harus Memperhatikan Aktifitas  Mereka

Seorang ibu hamil memang harus memperhatikan gerak-gerik tubuhnya serta aktifitas yang mereka lakukan. Hal ini tentunya untuk menghindari rasa capek yang terlalu berlebihan. Jika sang ibu merasa capek berlebihan akan berdampak buruk pada dirinya sendiri. Untuk itulah, ibu hamil harus lebih banyak beristirahat dan memperhatikan akfitifas mereka.

Biasanya, sebelum hamil wanita melakukan pekerjaan berat, ketika hamil ia harus mengurangi pekerjaan tersebut demi kesehatan kondisinya dan janin yang terkandung di dalamnya. Seorang ibu hamil memang harus lebih ekstra berhati-hati karena janin yang terkandung di dalam biasanya bersifat rentan. Jika tidak berhati-hati, maka risiko terjadi keguguran akan menjadi besar.

5 Cara Agar Bayi Sehat Pada Masa Kehamilan

Bagi ibu hamil, penting bagi mereka untuk mencari tahu cara sehat di masa kehamilan. Pola makan dari ibu hamil akan mempengaruhi janin bayi dalam kandungan yang dapat lahir dengan sehat. Di bawah ini ada sejumlah tips kehamilan sehat untuk para calon ibu, yaitu :

Periksa ke dokter

Pada awal kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk kontrol ke dokter. Di sana, anda akan mengetahui kondisi janin. Jika merasakan keluhan pada masa kehamilan, maka sebaiknya dikonsultasikan pada dokter. Untuk bulan-bulan terakhir kehamilan, kontrol harus lebih intensif dilakukan.

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat untuk para ibu hamil adalah porsi kecil namun sering, sekitar 5 hingga 6 kali sehari. Pola makan dengan porsi kecil ini akan sangat membantu mengurangi mual serta muntah pada pagi hari dan nyeri di bagian lambung.

Makanan mengandung asam folat serta zat besi

Makanan tersebut akan mencegah terjadinya cacat tabung saraf serta tulang belakang pada bayi. Zat besi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia saat hamil. Anemia sangat berbahaya bagi ibu hamil karena akan menyebabkan terjadinya pendarahan ketika persalinan.

Rajin minum air putih

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air putih 8 gelar per hari. Cairan yang cukup nantinya akan meningkatkan volum darah yang terjadi selama fase kehamilan.

Tetap berolahraga

Walaupun hamil, bukan berarti anda harus malas-malasan. Anda bisa melakukan olahraga kecil-kecilan seperti berjalan kaki, senam hamil atau yoga.

Makanan Sehat Wanita Hamil

Periode masa kehamilan adalah masa penting di mana seorang wanita dapat memberikan gizi terbaik untuk janinnya. Untuk itulah, wanita hamil dituntut untuk mengkonsumsi berbagai makanan sehat ibu hamil demi kesehatannya dan calon bayi dari awal kehamilan hingga menjelang kelahiran. Tentunya tidak semua makanan baik untuk para ibu hamil karena ada juga beberapa makanan yang perlu dihindari saat hamil.

Di bawah ini ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan, di antaranya: Daging, telur dan ikanBeberapa jenis daging, ikan serta telur sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Daging tanpa lemak

Daging memiliki protein berkualitas tinggi. Anda bisa mengkonsumsi daging yang sudah dipisahkan dengan lemak.

Telur

Telur mengandung 12 vitamin dan minerl, protein berkualitas yang sangat penting untuk kehamilan. Selain itu, telur juga kaya akan kolin yang akan membantu mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otak.

Ikan salmon

Ikan Salmon mengandung protein berkualitas tinggi dan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan salmon sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, mercury rendah di dalamnya mampu membantu proses pengembangan system syaraf bayi. akan tetapi, perlu diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi ikan salmon terlalu banyak.

Kacang-kacangan, buah, umbi-umbian dan sayur

Beberapa jenis kacang-kacangan, buah, dan sayur-sayuran sangat baik untuk ibu hamil.



  • Kacang

Ada banyak kacang yang memiliki manfaat untuk para wanita hamil. Dari semua jenis kacang, buncis memiliki kandungan serat dan protein terbaik. Anda sendiri pasti sudah tahu bahwa protein sangat penting untuk kehamilan. Serat juga sangat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya sembelit dan wasir.



  • Ubi jalar

Ubi jalar memiliki warna oranye yang terdiri dari karotenoid, yaitu pigmen tanaman yang nantinya akan dikonversi menjadi vitamin A yang baik untuk tubuh. Ubi juga mengandung vitamin C, folat dan serat.



  • Sayuran berwarna hijau tua

Manfaat sayuran untuk ibu hamil sudah tidak perlu diragukan lagi. akan tetapi, sayuran yang berwarna hijau tua jauh lebih bermanfaat. Contohnya adalah bayam, di mana sayuran ini kaya akan vitamin A,C, K, nutrisi, dan folat yang sangat penting untuk tubuh.

Buah-buahan

Makanlah buah-buahan dengan berbagai warna karena anda pasti akan mendapatkan nutrisi yang berbeda-beda juga. Setiap kelompok warna yang berbeda pasti akan memberikan mineral, vitamin, dan antioksidan.

Makanan olahan

Makanan olahan yang dibuat dari susu misalnya yoghurt juga baik untuk ibu hamil. Salah satu yoghurt yang paling baik dikonsumsi ibu hamil adalah Yoghurt Yunani yang mengandung protein lebih banyak dari yoghurt pada umumnya.Nah, demikianlah tips-tips serta makanan-makanan sehat yang dianjurkan untuk para ibu hamil. Semoga, tips sehat menjaga kehamilan di atas bermanfaat.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil untuk terus menjaga kelangsungan kesehatan dari si janin. Semoga tips sehat ibu hamil muda ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Sehat Ibu Hamil Muda