Tips Nutrisi bagi Wanita Hamil

Tips Nutrisi bagi Wanita Hamil - Nutrisi wanita hamil merupakan hal yang sangat penting serta faktor penting atas kesehatan janin dan wanita hamil. Jika ada suatu keadaan dimana seorang wanita hamil mengalami kekurangan nutrisi maka dapat mengakibatkan janin yang dikandungnya perkembangannya tidak normal. Anda tentu tidak menginginkan hal buruk terjadi pada buah hati hanya gara-gara kekurang tahuan wanita hamil akan pentingnya nutrisi kehamilan.

Seorang wanita hamil akan memerlukan banyak zat kalsium, kalsium yang dibutuhkan wanita hamil mencapai 1500 mg/hari. Jika kita cek kebutuhan kalsium sebelum wanita hamil hanya 1000 mg/hari. Oleh karena itu sudah menjadi keharusan bagi wanita hamil maupun pasangannya untuk memperhatiakn nutrisi yang dikonsumsi melalui makanan dan minum. Berikut ini tips wanita hamil “Nutrisi Wanita Hamil“, yang kita bagi dalam tiga kelompok sesuai dengan usia kehamilan.

Tips Nutrisi bagi Wanita Hamil

Nutrisi Wanita Hamil Trimester Pertama

- Nutrisi pada minggu 1 sampai minggu 4

Ini adalah fase dimana seorang wanita hamil perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Konsumsi minimal 2000 kilo kalori per hari, karena diusia ini janin yang dikandung sedang berkembang dengan pesat.

- Nutrisi pada Minggu ke-5 sampai Minggu ke-6

Pada usia ini seorang wanita hamil akan dilanda rasa mual dan ingin muntah, keadaan ini bisa sangat mengganggu jika mual dan muntah terjadi sangat sering. Wanita hamil bisa mensiasati dengan makan dalam porsi kecil namun sering, bertujuan agar perut tidak mudah mual yang diikuti muntah.

- Nutrisi pada Minggu ke-7 sampai Minggu ke-8

Wanita hamil harus lebih sering mengkonsumsi berbagai makanan berkalsium tinggi guna pembentukan tulang rangka tubuh janin yang terjadi pada usia ini.

- Nutrisi pada Minggu ke-9 sampai Minggu ke-12

Nutrisi wanita hamil saat memasuki minggu ke-9 usia kehamilan, jangan ketinggalan konsumsi asam folat dan konsumsi vitamin C. Saat memasuki minggu ke-10 usia kehamilan, perbanyak makan protein yang akan menghasilkan asam amino tinggi yang berguna dalam pembentukan otak janin. Saat memasuki Minggu ke-12, wanita hamil harus memenuhi kebutuhan vitaminnya agar janin tidak mengalami cacat saat lahir. Vitamin B1 dan B2 untuk pembentukan sel darah baru pada janin, Vitamin D adalah pembentuk tulang, Vitamin C menyerap zat besi, Vitamin E menjaga metabolisme. Wanita hamil juga dianjurkan menkonsumsi zat besi yang berguna memproduksi sel darah merah.



Nutrisi Wanita Hamil Trimester Kedua

- Nutrisi pada Minggu ke-13 sampai Minggu ke-16

Tips wanita hamil tentang nutrisi wanita hamil trimester kedua adalah hindari mengkonsumsi kopi, teh, serta makan coklat karena zat kafein yang terkandung didalam kopi, teh, dan coklat dapat mengganggu perkembangan sistem saraf pusat pada janin yang sedang berkembang.

- Nutrisi pada Minggu ke-17 sampai Minggu ke-23

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah segar serta minum lebih banyak cairan untuk menanggulangi sembeli atau susah buang air besar. Minum 8 – 10 gelas air setiap hari, serta menambah konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi serta vitamin C guna menunjang pembentukan sel darah merah.

- Nutrisi pada Minggu ke-24 sampai Minggu ke-28

Hindari garam pada makanan untuk mengurangi terjadinya bengkak pada kaki. Makanlah makanan kaya serat dan buah-buahan. Untuk membantu pembentukan otak dan kecerdasan janin wanita hamil diusia ini dianjurkan menambah konsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3 dan vitamin E.



Nutrisi Wanita Hamil Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga ini beban yang ditanggung wanita hamil lebih berat karena janin yang semakin besar. Pemenuhan nutrisi secara kualitas maupun kuantitas harus diperhatikan, karena pembentukan otak pada janin akan terjadi pesat pada 2 bulant terakhir pra kelahiran.

- Nutrisi pada usia kehamilan yang masuk trimester ketiga

Kalori, Kebutuhan wanita hamil akan zat ini semakin meningkat seiring dengan peningkatan ukuran janin. Kebutuhan wanita hamil akan kalori kisaran 70.000 – 80.000 kkal, tembahan kalori ini diperlukan untuk membantu pertumbuhan jaringan janin dan pembentukan placenta.

Yodium, Yodium dibutuhkan untuk membentuk tiroksin yang berguna untuk mengontrol segala metabolisme sel baru. Jika asupan yodium kurang berakibat pada perkembangan otak yang terhambat.

Piridoksin, piridoksin sering disebut dnegan Vitamin B6 berguna untuk membantu enzim melaksanakan lebih dari 100 reaksi kimi dalam tubuh.

Tiamin, Riboflavin, Niasin semuanya berfungsi untuk membantu mengatur metabolisme saraf dan metabolisme energi.

Demikian yang bisa saya informasikan mengenai nutrisi wanita hamil, semoga bermanfaat dan memberi pencerahan wawasan kepada kita bersama terutama para wanita Indonesia yang sedang hamil.

Tips Nutrisi bagi Wanita Hamil