Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Saat seorang wanita tengah hamil, maka makanan sehat untuk ibu hamil menjadi hal yang sangat penting  untuk diperhatikan. Wanita hamil pastinya akan lebih lemas dari biasanya bahkan hingga kehilangan nafsu makan. Hal ini sangat wajar mengingat janin yang terkandung di dalamnya juga memerlukan asupan nutrisi sehingga jika sang ibu tidak memakan asupan yang pas akan berdampak juga pada kondisi ibu tersebut.


Perlu anda ketahui bahwa mitos bahwa ibu hamil harus makan dua kali lipat saat hamil tidak benar. Yang benar adalah saat anda hamil, anda disarankan untuk makan dua kali lebih bergizi diantaranya makanan sehat untuk ibu hamil muda. Jika makan secara berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik di mana asupan kalori yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi terlalu gemuk.


menu makanan sehat untuk ibu hamil


Konsumsi Folic Acid Saat Kandungan Berusia 4 Minggu


Saat anda hamil, pasti anda ingin tahu bagaimana cara mengatur asupan gizi yang baik agar tidak terlalu berlebihan dan tidak kurang. Untuk itulah, makanan yang dimakan sebaiknya diatur agar sesuai dengan sasaran. Maksudnya adalah di mana anda harus makan sesuai dengan tahap perkembangan janin di dalam kandungan anda.


Salah satu hal yang harus anda perhatikan ketika kehamilan anda masih berada pada usia 4 minggu, adalah makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan adalah dengan mengkonsumsi folic acid. Biasanya, kondisi janin saat usia masih 4 minggu masih berupa embrio dan besarnya seperti selasih. Untuk itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi multi vitamin yang mengandung minimal 400 mcg folic acid yang akan membantu mempersiapkan rahim serta meminimalisir terjadinya penyakit tulang belakang yang tidak tertutup sempurna pada bayi.


Folic acid biasanya terdapat pada sayuran seperti kembang kol, wortel, brokoli, jagung, kacang kedelai, dan lain-lain.Ibu Hamil Membutuhkan Tips KehamilanMakan untuk dua orang memang menjadi tanggung jawab yang berat. Hal inilah yang dialami oleh para ibu hamil. Mereka juga harus memperhatikan nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya.


Selain makanan sehat bagi ibu hamil, tips untuk ibu hamil juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Hal ini agar para ibu hamil lebih memperhatikan kondisi kandungan mereka sehingga mereka tidak berlebihan dalam beraktifitas. Jika melakukan aktifitas yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negatif pada si bayi.


Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Saat anda hamil, banyak hal yang harus anda perhatikan. Ada banyak cara yang dapat memastikan bahwa anda dan si bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. Di bawah ini ada beberapa makanan sehat ibu hamil yang dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, antara lain :


Telur


Elizabeth Ward, selaku ahli gizi mengungkapkan bahwa telur mengandung banyak manfaat. Selain lebih dari 12 mineral dan vitamin telur juga mengandung protein-protein yang berkualitas yang sangat baik untuk kehamilan. Telur juga kaya akan kolin yang membantu pertumbuhan bayi serta kesehatan otak dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf.


Ikan salmon


Salmon tidak hanya mengandung protein berkualitas tinggi, namun juga menjadi sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk ibu hamil. tidak seperti kebanyakan ikan lainnya, ikan salmon mengandung mercury yang lebih rendah. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi salmon juga, paling tidak per minggu dibatasi 12 ons saja.


Kacang


Dari semua jenis kacang, buncis memiliki kandungan terbaik untuk protein dan serat. Dengan serat yang terkandung di dalamnya tentu kaya akan gizi yang sangat baik untuk ibu hamil.Ubi jalarUbi jalar memiliki warna orange yang terdiri dari karotenoid, yang adalah pigmen tanaman yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuhj. Ubi juga menjadi sumber vitamin C, serat dan folat.


Walnut


Jika anda tidak menyukai ikan maupiun telur, namun masih ingin mendapatkan omega-3 maka anda bisa mencoba walnut yang dikenal sebagai salah satu sumber nabati omega-3 terkaya.


Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua


Sayuran memang memiliki manfaat yang baik untuk wanita hamil, terutama sayuran berwarna hijau tua. Contohnya bayam yang kaya akan vitamin dan nutrisi, seperti vitamin A, C, K dan folat.


Daging tanpa lemak


Daging adalah sumber protein tinggi. Anda bisa mencari daging tanpa lemak atau lemak yang sudah dipisahkan.


Buah-buahan dan sayur-sayuran


Makanlah buah dan sayuran karena anda akan mendapatkan banyak nutrisi.


Pentingnya Memperhatikan Tips Menjaga Kehamilan


Selain memperhatikan nutrisi untuk ibu hamil, calon ibu juga harus banyak membaca tips menjaga kehamilan. Hal ini akan sangat membantu mereka saat hamil sehingga mereka tahu aktifitas mana sajakah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya keguguran. Biasanya, ibu hamil juga perlu banyak istirahat dan tidak boleh terlalu capek demi untuk menjaga kondisi dari si janin tersebut.


Nah, jadi mulai sekarang anda yang tengah hamil sebaiknya terus memperhatikan kondisi anda dan bayi anda. jangan sampai anda melakukan kegiatan yang akan membuat anda terlalu capek sehingga anda akan jatuh pingsan. Saat anda hamil, anda harus banyak-banyak istirahat dan memperhatikan kapasitas anda. Jangan lupa juga untuk terus memperhatikan asupan makanan sehat untuk ibu hamil.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil