Cara Membuat BIOGAS dari Sampah dan Kotoran Hewan

Cara Membuat BIOGAS dari Sampah dan Kotoran Hewan Sapi Kambing bahkan dari kotoran manusia memanfaatkan kotoran dan sampah organik menjadi sumber energi. Mengembangkan energi alternaif ramah lingkungan dengan memanfaatkan berabgai sampah organik, kotoran ternak bahkan kotoran manusiadengan membuat alat biogas sederhana dapat membuat energi pengganti bbm, gas dan listrik bio gas itu sangat efektif, kemudian teknologi yang digunakan cukup mudah kemudian limbah itu ada dimana mana.



Pengertian BIOGAS


Bahan bakar BIOGAS yang ramah lingkungan dengan biaya yang murah merupakan gas yang dihasilkan memalui sebuah fermentasi (anaerobik ) dari sampah organik dan kotoran hewan seperti koran sapi, kambing bahkan manusia dan tak hanya itu pemanfaatan limbah untuk menghasikan bahan bakar biogas terus berkembang seperti limbah tahu tempe dan sampah rumah tangga yang bisa diolah menjadi BIOGAS. Metana dan karbon dioksida kandungan utama yang terdapat di bahan bakar biogas yang berasal dari mahluk hidup dan sampah organik.


Daya bakar dari biogas dinilai sangat baik, tidak berasap sehingga makanan tetap bersih. Biogas adalah gas yang berasal dari makhluk hidup, seperti kotoran hewan dan tanaman. Gas itu dihasilkan dari fermentasi tanpa oksigen. Biogas efektif digunakan di daerah-daerah peternakan karena bahan baku utamanya berasal dari kotoran ternak.


Tingkat keamanan BIOGAS
Meskipun biogas disalurkan menggunakan paralon atau pipa pipa kerumah rumah untuk tingkat keamanannya Bio gas tergolong sangat aman untuk digunakan, jika dibandingkan dengan gas elpiji jika bocor akan sangat berbahaya jika ada percikan api akan langsung terbakar, tapi jika menggunakan biogas tidak akan berbahaya seperti gas elpiji paling kekurangannya jika menggunakan bahan bakar biogas akan tercium sedikit aroma seperti kentut saja tapi tidak berbahaya dan gas yang dihasilkan tidak mengandung racun berbahaya jadi sangat aman


Cara Membuat BIOGAS
Cara Membuat BIOGAS dari Sampah dan Kotoran Hewan cukup mudah. Kotoran hewan atau bahan tanaman yang dicampur dengan air dan bakteri anaerob dimasukkan ke wadah untuk dibusukkan selama sepuluh hari sampai menghasilkan gas. Selanjutnya, gas itu ditampung dalam wadah lainnya yang kedap udara dan dibuatkan saluran penghubung dengan kompor khusus untuk memasak. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain drum bekas atau kombinasi pasangan batu bata dan drum bekas, sesuai dengan kualitas peralatan pembuatan biogas yang diinginkan.


Kantong bio gas yang berfungsi seperti tabung elpigi bisa digunakan untuk mengoprasikan jengset untuk menghasikan listri tah hanya itu bisa juga untuk digunakan untuk traktor yang menggunakan bahan bio gas. Saat ini, biogas mulai dipasarkan di Jawa dan Sumatra dengan harga 1,8 juta untuk instalasi pemasangan. Teknologi ini relatif murah karena dari 25 kilogram kotoran sapi bisa menghasilkan gas setara dengan 2,5 liter minyak tanah per hari. Hasil sampingan dari biogas, berupa kompos kering dapat digunakan sebagai pupuk


incoming search terms cara membuat biogas
cara membuat biogas dari kotoran manusia
cara membuat biogas sederhana
cara membuat biogas dari sampah
cara membuat biogas dari sampah organik
cara membuat biogas dari kotoran sapi
video cara membuat biogas
manfaat biogas
cara membuat biogas dari kotoran kambing


 

Cara Membuat BIOGAS dari Sampah dan Kotoran Hewan