7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Pada Android

7 cara mengatasi aplikasi tidak bisa terpasang pada android application not installed android tidak bisa install aplikasi dari google play memori penuh padahal masih kosong dan cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada android. Permasalahan yang sering terjadi pada pengguna android ? Berbagi cara mengatasi tidak bisa menginstal aplikasi, permasalahan ini memang sering terjadi banyak faktor penyebabnya dan biasanya  terjadi secara tiba tiba ketika akan menginstal sebuah aplikasi.

Penyebab Android Tidak Bisa Install Aplikasi dari Google Play Memori Penuh



Cara Mengatasi Tidak Bisa Menginstal Aplikasi


Kenali penyebabnya agar permasalahan tidak bisa instal aplikasi tidak terulang kembali, biasanya ketika tidak bisa menginstal aplikasi android akan mendapatkan sebuah pesan yang memberi keterangan akan penyebabnya seperti "application cannot be installed in the default installation location”, “not enough space on device”, "insufficient storage available" dari keterangan diatas sudah dapat kita ketahui bahwa pesan ini menunjukkan kapasitas dari ram / memori internal sudah penuh yang mengakibatkan tidak dapat memungkinkan menginstal aplikasi yang baru dan meneyebabkan tidak dapat terinstall. Biasanya penyebabnya adalah :




  1. Terlalu banyak melakukan instal dan uninstal aplikasi di android yang mengakibatkan aplikasi android gagal terinstal, hal ini dikarenakan aplikasi yang terinstal atau yang terpasang dan yang terhapus atau di uninstal akan meninggalkan junk folder / folder sampah yang mungkin tidak pernah anda hapus sebelumnya.

  2. Aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan versi OS Android. Setiap aplikasi yang di buat oleh pengembang tentunya memiliki versi yang berbeda – beda, dimana versi dari aplikasi tersebut memiliki peran penting bahwa tidak semua perangkat perangkat android bisa memasang aplikasi tersebut. Misalnya Aplikasi A dapat terpasang pada OS Android Kitkat, tapi tidak bisa di pasang pada OS Android Jelly Bean.

  3. File Apk Telah Rusak. File yang rusak pasti akan terjadi kegagalan pada saat instalasi. File Apk yang rusak tersebut bisa saja terjadi karena gagalnya saat pengunduhan, atau mungkin karena file tersebut telah dimodifikasi oleh seseorang dan pada saat melakukan recompile ada beberapa file yang tertinggal.

  4. Google Play Service Telah Terhapus. Apabila anda berhasil menginstall aplikasi Apk, tetapi saat dibuka selalu menutup dengan sendirinya atau Force Close. Hal tersebut terjadi karena Aplikasi Google Play Service telah hilang atau terhapus, sehingga membuat aplikasi apk yang anda install terjadi error. Biasanya hal tersebut terjadi pada aplikasi berbayar.

  5. File Apk Belum Dilakukan Sign. Aplikasi yang belum ditandatangani sertifikat secara digital tidak akan pernah bisa di install pada OS Android. Kenapa? Karena OS Android hanya bisa menerima aplikasi yang bersifat legal dan tahu siapa pembuat/penulis dari aplikasi tersebut.

  6. Banyaknya Cache Android Yang Tidak Pernah Dihapus. Cache atau file sementara yang tidak pernah dihapus akan terus menumpuk sampai memori Android tersebut penuh. Dan apabila anda tidak pernah menghapus file cache tersebut maka dapat menyebabkan terjadi error pada aplikasi yang berjalan, lemot, dan bahkan bisa menggangu proses instalasi yang anda lakukan. Untuk itulah anda perlu aplikasi CClenar, Clean Master, atau aplikasi semacamnya untuk membersihkan file Cache tersebut.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Menginstal Aplikasi







  1. Memberikan Izin Pada Aplikasi Apk. Semua jenis file Apk tidak akan pernah terinstall apabila anda tidak pernah memberikan izin pada aplikasi tersebut. Untuk melakukan perizinan masuk pada menu Settings > Security > lalu centang ”Unknown sources“.

  2. Cari File Apk Yang Kompatibel Dengan OS Android anda. File apk yang Kompatibel maksudnya file yang cocok dengan smartphone atau tablet android yang anda gunakan saat ini.

  3. Bersihkan Cache Android. Untuk membersihkan file cache android anda membutuhkan aplikasi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat membantu anda dalam membersihkan file cache android yang menumpuk. Cukup dengan satu klik saja, semua cache dapat terhapus secara sempurna dan bersih.

  4. Pasang Aplikasi APK Installer Dari Google Play Store. Apk Installer merupakan aplikasi Android yang mampu mengelola dan menginstall fil Apk dengan mudah dan cepat.

  5. Memindahkan aplikasi yang sudah terinstal ke dalam Sd Card carannya Setting > Apps > All > Pilih Aplikasi yang akan di pindahkan seperti ( IG, Fb, Path, Twitter dll ) > klik Clear Data > Move to Sd Card cara ini bertujuan agar konsumsi ram pada android akan berkurang, sehingga memungkinkan aplikasi dapat terinstal.

  6. Dengan cara mempartisi Sd Card untuk menambah memory internal android. Untuk tutorialnya bisa mencari di mbah google.

  7. Ada cara termudah untuk Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Pada Android yang tidak dapat dipasang pada pemasangan default, dengan mengubah pengaturan default install Buka Pengaturan > Penyimpanan > Pilih Lokasi Instalasi Default, Ubah menjadi SD Card atau Memory Internal. dan cara yang lain dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai.


Berikut adalah 7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Pada Android yang semoga bermanfaat

 

7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Pada Android